Posted by : Wijdan Sidiq Ramadhan Wednesday 7 January 2015

Sahabat Elektronik

Tegangan, Arus, Dan Tahanan
sa
V
Tegangan listrik
Tegangan listrik (kadang disebut sebagai Voltase) adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial dari sebuah medan listrik yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik. Tergantung pada perbedaan potensial listriknya, suatu tegangan listrik dapat dikatakan sebagai ekstra rendah, rendah, tinggi atau ekstra tinggi.
Description: http://cahyokrisma.files.wordpress.com/2010/07/rumus-tegangan.gif?w=300&h=39
I
Arus listrik 
Arus listrik (Ampere) adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu.  Arus listrik dapat diukur dalam satuan Coulomb/detik atau Ampere. Contoh arus listrik dalam kehidupan sehari-hari berkisar dari yang sangat lemah dalam satuan mikro Ampere (μA) seperti di dalam jaringan tubuh hingga arus yang sangat kuat 1-200 kiloAmpere (kA) seperti yang terjadi pada petir. Dalam kebanyakan sirkuit arus searah dapat diasumsikan resistansi terhadap arus listrik adalah konstan sehingga besar arus yang mengalir dalam sirkuit bergantung pada voltase dan resistansi sesuai dengan hukum Ohm.
Description: http://cahyokrisma.files.wordpress.com/2010/07/rumus-arus.gif?w=540
R
Tahanan/beban/resistansi
Tahanan (ohm) dalah komponen elektronik dua saluran yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi penurunan tegangan diantara kedua salurannya sesuai dengan arus yang mengalirinya, berdasarkan hukum Ohm:

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Tentang Listrik

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © Sahabat Elektronik -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -