Posted by : Wijdan Sidiq Ramadhan Wednesday 7 January 2015

Sahabat Elektronik
Sejarah Listrik
Michael Faraday (22 September 1791-25 Agustus 1867) ialah ilmuwan Inggris yangmendapat julukan "Bapak Listrik", karena berkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak gunanya. Ia mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk elektromagnetisme dan elektrokimia. Dia juga menemukan alat yang nantinya menjadi pembakar Bunsen, yang digunakan hampir di seluruh laboratorium sains sebagai sumber  panas yang praktis.Efek magnetisme menuntunnya menemukan ide-ide yang menjadi dasar teori medanmagnet. Ia banyak memberi ceramah untuk memopulerkan ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan pada masyarakat umum. Pendekatan rasionalnya dalam mengembangkan teoridan menganalisis hasilnya amat mengagumkan.Memang banyak tokoh-tokoh lain namun dari semua itu yang merupakan satu namayang sangat berjasa dan dikenal sebagai perintis dalam meneliti tentang listrik dan magnetdialah Michael Faraday. Beliau lahir pada tanggal 22 September 1791 di Newington Butts,Inggris. Orang tuanya tergolong keluarga miskin. Ayahnya hanya seorang tukang besi. Namun waktunya dimanfaatkan untuk membaca berbagai jenis buku, terutama ilmu pengetahuan alam, fisika, dan kimia serta mengikuti ceramah-ceramah yang diberikan olehilmuwan Inggris terkenal.Berkat kepandainnya pula, Faraday dapat berhubungan dengan para ahli ternama,seperti Andre Marie Ampere. Di samping itu, ia juga mendapat kesempatan berkeliling Eropa bersama Davy. Pada kesempatan itu, Faraday mulai membangun pengetahuannya yang praktis dan teoretis. Penemuan Faraday pertama yang penting di bidang listrik terjadi tahun1821. Dua tahun sebelumnya Oersted telah menemukan bahwa jarum magnet kompas biasadapat beringsut jikaarus listrik dialirkan dalam kawat yang tidak berjauhan. Dari temuan ini,Faraday berkesimpulan, jika magnet diketatkan, yang bergerak justru kawatnya. Bekerja atasdasar dugaan ini, dia berhasil membuat suatu skema yang jelas di mana kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnet sepanjang arus listrik dialirkan ke kawat.Dalam percobaan-percobaan yang dilakukannya pada tahun 1831, ia menemukan bahwa bila magnet dilalui sepotong kawat, arus akan mengalir di kawat, sedangkan magnet bergerak. Keadaan ini disebut ³pengaruh elektromagnetik´ dan penemuan ini disebut ³Hukum Faraday´

Proses ini kita temui pada generator pembangkit listrik PLN. Contoh model yg paling sederhana adalah dinamo. Tetapi proses ini dibalik. Coba kamu dihubungkan dinamo itu pada lampu kecil, lalu putar dinamo itu secara cepat, maka lampu itu akan nyala. Begitulah proses terbentuknya listrik yang kita pakai saat ini. Alat itu juga terdapat pada lampu sepeda model dulu. Dinamo akan dilekatkan pada ban depan dan saat ban berputar, lampu akan menyala.

Begitulah prosesnya, sebenarnya tidak rumit. Kita tetap menikmati bisa listrik selama generator yang ada pada PLN tetap berputar. Cara memutarnya itulah yang jadi permasalahan. Kebanyakan PLN masih menggunakan mesin berbahan bakar fosil. Sebenarnya lebih ramah menggunakan arus air, angin atau tenaga matahari.

Seperti itulah sejarah singkat dar Listrik, semoga bermanfaat
Baca juga Service dan Gulung Dinamo

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Tentang Listrik

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © Sahabat Elektronik -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -